STRATEGI INOVASI PRODUK DAN KINERJA PERUSAHAAN TEKNOLOGI
BARU DI CHINA
Haiyang Li
Dengan menyelidiki pengaruh strategi inovasi produk terhadap
kinerja perusahaan teknologi baru di China, kami menemukan link inovasi-kinerja
tersebut bergantung pada faktor lingkungan, termasuk turbulensi lingkungan dan dukungan
kelembagaan, dan strategi berbasis hubungan dari perusahaan tersebut, seperti
aliansi strategic untuk pengembangan produk dan jaringan politik. Hasil
penelitian kami menunjukkan perlunya mempertimbangkan secara simultan
lingkungan dan strategi berbasis hubungan pada strategi inovasi produk di
kalangan perusahaan teknologi baru
Para sarjana berpendapat bahwa inovasi produk merupakan
strategi penting untuk perusahaan teknologi baru, yang didefinisikan di sini
sebagai perusahaan berbasis teknologi yang berusia delapan tahun atau kurang
(Booker, 1989; Bisenharrlt & Schoonhoven, 1990; McCann, 1991). Selain daya
tariknya, penemuan empiris tentang dampak strategi inovasi produk terhadap kinerja
perusahaan teknologi baru menjadi tak meyakinkan. Beberapa studi membuktikan bahwa
inovasi produk mungkin memiliki hubungan negatif dengan kinerja perusahaan teknologi
baru (Chandler & Hanks, 1994). Bahkan, dalam review literatur relevan,
Capoui, Farley, dan Hoenig (1990) menemukan hasil studi sebelumnya telah tercampur,
dengan lebih dari dua pertiga dari studi menemukan hubungan positif antara
inovasi produk strategi dan kinerja perusahaan, dan sisanya menemukan kembali hubungan
negative. Penjelasannya bahwa kebanyakan studi tidak memeriksa faktor-faktor
yang memoderasi kekuatan hubungan antara strategi inovasi produk dan kinerja perusahaan.
Mengingat pentingnya faktor kontinjensi dalam penelitian strategi [Gillsberg
& Venkataraman, 1985), kurangnya studi yang menyelidiki moderasi hubungan
antara strategi inovasi produk dan kinerja teknologi perusahaan baru diangap
sebagai gap penelitian penting.
Dalam penelitian ini, kami meneliti hasil strategi inovasi
produk perusahaan teknologi baru dalam dua cara. Pertama, inovasi produk merupakan
aktivitas berisiko tinggi dan memakan sumber daya. Sebagai perusahaan baru
didirikan, perusahaan teknologi baru cenderung memiliki manajerial dan sumber
daya keuangan yang sangat terbatas (Eisenhardt & Schoonhovon. 1990), dan
mereka mungkin sangat rentan dalam mengejar strategi ini. Jadi, bagaimana faktor
lingkungan strategi berbasis hubungan memoderasi strategi inovasi
produk-hubungan kinerja menjad issue yang pentng. Dengan menggunakan teori
ketrgantungan sumber daya (Pfeffbr & Salaiicik, 1978). Kami terlebih dahulu
engembangkan dan menguji hipotesis pada efek yang memoderasi tersebut. Yang
kedua, kami menyeldiki hhipotesis ini dengan sample perusahaan teknologi baru
dari china. Penelitan ini mengebangkan bahwa ekonomi transisional seperti di
China emiliki sumber daya, manajemen dan tantanan lain yang besar bagi
perusahaan semacam itu (Nee, 1992; Peng & Heath, 1996; Xin & Pearce,
1996). Jadi, China menyediakan setting yang sangat menarik untuk menyelidiki peran
strategi inovasi produk dalam lingkugan kienrja perusahaan teknologi baru.
Pendalaman ini sunghguh pentinh sejalan manajer memahami kondisi dan strategi
yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas strategi inovasi produk.
KERANGKA TEORITIS DAN HIPOTESIS
Brown dan Eisenhardt [1095) mengidentifikasi dua arus penelitian
utama pada inovasi. Arus yang pertama membahas isu-isu yang berkaitan dengan
difusi inovasi di negara, industri, dan organisasi (misalnya, O'Neill, Pouder,
& Buchholtz, 1998). Dalam aliran ini, inovasi didefinisikan sebagai praktek
teknologi, strategi, atau manajemen yang perusahaan gunakan untuk pertama
kalinya, apakah ada organisasi lain atau tidak ynag telah mengadopsinya, atau
sebagai restrukturisasi signifikan terhadap proses ( Nord & Tucker, 1087:
6). Aliran kedua mempelajari pengaruh struktur organizational, proses, dan
orang-orang dalam pengembangan dan pemasaran produk baru (misalnya, Zirger
& Maidique, 1990). Dalam arus penelitian ini, inovasi mengacu pada produk
baru yang organisasi telah buat, yang merupakan komersialisasi penemuan, di
mana penemuan adalah tindakan wawasan (Myers & Marquis, 1969). Produk baru
dapat mengambil bentuk yang berbeda, seperti upgrade, modifikasi, dan ekstensi
produk yang sudah ada, produk itu mungkin baru ke perusahaan, pasar, atau dunia
Arus penelitian yang kedua dapat dibagi menjadi dua kategori
berdasarkan tingkat analisis yang diadopsi oleh para peneliti. Kategori
pertama, yang lebih populer, berfokus pada tingkat proyek dan memeriksa semua aktivitas
yang dibutuhkan untuk mendesain, memproduksi, dan mengirimkan produk baru ke
pasar (misalnya, Myers & Marquis, 1969; Zirger & Maidique, 1990),
Kategori kedua berfokus pada perusahaan atau unit bisnis strategis (SBU)
sebagai unit analisis dan memeriksa inovasi produk sebagai dimensi dari postur
strategis kewirausahaan perusahaan (Covin & Slevin, 1989; Miller, 1987
Zahra & Gavin, 1993]. Tujuan strategi inovasi produk ialah pada
poembelanjaan R&D (Boulding & Staelin, 19c5; Miller, 1987) dan jumlah insinyur,
ilmuwan, dan tenaga teknis lain yang digunakan (McCann, 1991), pembutian
subyektif meliputi evaluasi tingkatan penekanan perusahaan dalam hal alokasi
sumber daya pad pengembagan produk baru, variaetas jajaran lini produk baru,
dan frekuensi atau kecepatan dalam memperkenalkan produk itu ke pasar (Covin
& Slevin, 1989; Miller, 1987 ;. Zahra & Covin 1993),
Konsisten dengan lini penelitian yang keddua ini, kami mendefinisikan
strategi inovasi produk sebagai refleksi dari komitmen perusahaan untuk mengembangkan
dan memasarlkan produk-produk yang baru untuk perusahaan dan / atau pasar.
Jadi, sekarang perusahaan teknologi China telah mengalokasikan sumber daya yang
besar untuk R & D, dengan mengembangkan berbagai produk baru untuk perusahaan,
yang dengan cepat meniru produk luar negeri dijual di China, dan membuat
perubahan signifikan dalam produk yang ada untuk meningkatkan manfaat dan
berbagai pilihan pasar yang semua menujukkan adanya komitmen untuk strategi
inovasi produk.
Sebagian besar penelitian perusahaan baru berfokus pada
inovasi produk sebagai postur strategis (misalnya, Boeker, 1989; Chandler &
Hanks, 1994; McCann, 1991). Namun, seperti disebutkan sebelumnya, sebelum hasil
empiris pada hubungan anatara strategi inovasi produk dan kinerja perusahaan
tidak dapat disimpulkan, kami mengusulkan pendekatan kontingensi pada studi ini.
Pandangan kontingensi memiliki tradisi panjang dalam penelitian strategi organisasi
(misalnya, Burns & Stalker, 1961; Lawrence & Lorsch, 1967) dan juga
muncul dalam penelitian inovasi produk terbaru (Boulding & Staelin, 1995;
Covin & Slevin, 1989 ).
Kerangka konseptual kami didukung oleh teori ketergantungan
sumber daya, yang menekankan usaha lingkungan dan kekuatan eksternal lainnya
pada bagaimana perusahaan mengatur agar daspat bersaing di pasar (Pfeffer &
Salancik, 1978). Kerangka ini menawarkan penjelasan tidak hanya mengapa perusahaan
mengadopsi strategi inovasi produk, tetapi juga mengapa strategi pada kinerja
dapat bergantung pada lingkungan dan strategi perusahaan lainnya. terdapat dua
prinsip luas yang sangat relevan dengan penelitian kami (ef. Greening &
Gray, 1994). Pertama adalah prinsip bahwa perusahaan mencoba untuk mengelola
ketidakpastian dan mengurangi efek kekuatan eksternal dalam rangka untuk
meningkatkan kinerja mereka. Kedua bahwa perusahaan dibatasi oleh dan
tergantung pada organisasi lain yang mengontrol sumber daya penting mereka.
Akibatnya, manajer perlu membuat pilihan-pilihan strategis tentang hubungan
antar organisasi dan hubunganeksternal lainnnya dalam upaya "mengubah
sistem menghadapi kendala dan dependensi organisasi" (Pfeffer &
Salancik, 1978: 267), berdasar pada dua prinsip itu, kami berpendapat bahwa
efektivitas atau ketidakefektifan strategi inovasi produk perusahaan teknologi
baru di China tergantung pada kondisi lingkungan yang dirasakan dan hubungan berbasis
strategi yang mereka adopsi. Kami menyajikan argumen yang berkaitan dengan
masing-masing faktor kontingensi pada gilirannya.
Peran moderasi ( Faktor lingkungan)
Prinsip pertama dari teori ketergantungan sumber daya
menunjukkan bahwa manajer menafsirkan tuntutan dan dependensi dalam lingkungan
mereka sebelum membuat pilihan strategis dan penyesuaian kelembaggaan strategi
organisasi (Hrebeniak & Joyce, 1985; Pfeffer & Salancik, 1978). Dalam
hal ini, kami berpendapat bahwa effectivevitas strategi inovasi produk perusahaan
teknologi baru di China tergantung pada persepsi manajerial kekhasan lingkungan
ekonomi transisi. Perusahaan teknologi baru di China menghadapi situasi lingkugan
lebih kompleks daripada rekan-rekan mereka dalam ekonomi pasar. Relatif
terbelakangnya Pemerintah, lembaga-lembaga hukum, dan keuangan di China
menyebabkan turbulensi lingkungan serta persaingan yang disfungsional (Nee,
1992; Peng & Heath, 1996; Xin & Pearco, Th96). Kami yakin efektifitas
penggunaan strategi inovasi produk perusahaan teknologi China mungkin tidak
bergantung pada bagaimana mereka mengelola turbulensi lingkungan dan persaingan
disfungsional tetapi juga pada tingkat dukungan yang mereka terima dari
lembaga-lembaga pemerintah untuk meringankan masalah sumber daya dan manajerial
mereka.
Kompetisi disfungsional mengacu pada sejauh mana perilaku
kompetitif perusahaan di pasar bersifat oportunistik, tidak adil, atau bahkan
melanggar hukum. Berdasarkan kerangka hukum yang memadai yang mendefinisikan
dan melindungi hak-hak kepemilikan dalam ekonomi transisi, perusahaan sering terlibat
dalam perilaku oportunistik dan melanggar hukum (Nec, 1992; Pong & Heath,
1996), dengan dukungan diam-diam dari pemerintah lokal dalam beberapa kasus
(Tsang, 1996). Sebagai contoh, ditemukan banyak pelanggaran paten dan hak
cipta, pelanggaran kontrak perjanjian, dan praktek kompetitif tak adil telah tersebar
luas di China (Quo, 1997]. Hak kekayaan intelektual dari perusahaan teknologi
baru dihasilkan dari inovasi produk baru mungkin sangat berisiko dan kurang
menguntungkan. Dengan demikian, dalam suatu lingkungan kompetitif yang disfungsional,
ketergantugnan perusahaan teknologi baru sungguh penting demi kelangsungan
hidup mereka.
Dukungan kelembagaan mencerminkan sejauh mana
lembaga-lembaga administratif (seperti departemen pemerintah) memberikan
dukungan bagi perusahaan dalam rangka mengurangi efek merugikan dari lemahnya infrastruktur
institusional yang tidak memadai dalam proses transisi (XIn & Pource,
1996). Dalam transissi ekonomi, lembaga redistributive berinteraksi dengan
kekuatan pasar dalam cara melemahkan pasar (Nec, 1992). Jadi, meskipun perusahaan
teknologi baru dalam ekonomi pasar dapat menerima dukungan dari lembaga-lembaga
pemerintah, dukungan tersebut sangat signifikan bagi mereka dalam ekonomi
transisi, mengingat tertinggalnya " faktor pasar " mereka (Peng &
Heath. 1996). Karena inovasi produk merupakan strategi memakan sumber daya,
dukungan semacam itu sudah seharusnya menurunkan risiko dan kendala sumber daya
bagi perusahaan teknologi baru di China yang ingin mengejar strategi tersebut (Guo,
1997; Tsang, 1996).
Turbulensi lingkungan mengacu pada tingkat perubahan dan
ketidakpastian lingkungan pasar. Perusahaan teknologi baru cenderung mengadopsi
strategi inovasi produk dalam lingkungan yang bergejolak karena lingkungan
semacam itu memicu pembelajaran rutinintas baru dan menawarkan kesempatan baru
untuk mengambil keuntungan dari kebutuhan pasar berkembang (Miller, 1987).
Untuk alasan inilah, dilakukan penelitian strategi inovasi produk untuk mengarah
pada kinerja yang lebih tinggi di lingkungan volatile. Misalnya, Covin dan
Sevin 1989) menemukan bahwa, kebalikan engan perusahan kecil dalan lingkugan sy
nag stabil, perusahan itu dalam lingkuan yang bermusuhan an trentan yang ingin
medanpatkan kinerja tinggi dari inovasi produk. Diskusi ini menunjukkan hipotesis
berukut :
Hipotesis la. Hubungan antara penggunaan strategi inovasi
produk dan kinerja perusahaan teknologi baru di Cina dimoderasi oleh persaingan
negatif disfungsional yang dirasakan.
Hipotesis 1b. Hubungan antara penggunaan strategi inovasi
produk dan kinerja perusahaan teknologi baru di Cina dimoderasi positif oleh
dukungan kelembagaan.
Hipotesis 1c. Hubungan antara penggunaan strategi inovasi
produk dan kinerja perusahaan teknologi baru di Cina dimoderasi oleh turbulensi
lingkungan positif.
Peran moderasi Strategi Berbasis Hubungan
Menurut teori ketergantungan sumber daya, strategi
antar-organisasi diupayakan untuk mengurangi dampak negatif kekuatan eksternal sehingga
dapat meningkatkan efektivitas strategi organisasi (Hrebeniak & Joyce,
1985; Pfeffer & Salancik, 1978). Secara konsisten, penelitian inu menunjukkan
bahwa aliansi strategis dan jaringan dengan orang-orang dengan pengaruh politik
adalah strategi extraorganizational yang penting bagi perusahaan untuk mengamankan
sumber daya dan pengaruh (Peng & Heath, 1996). Bukti yang bersifat anekdot
menunjukkan bahwa perusahaan teknologi baru dalam ekonomi transisi cenderung mengembangkan
aliansi strategis dengan perusahaan lain dan berhubungan dengan pemerintah dan
pejabat administrasi dalam rangka untuk meringankan sumber ketidakmampuan
mereka (Beijing Zone Of-fice Eksperimental, 1995; Nee, 1992; Tsang, 1996; Zhao
& Aram, 1995). Memang, hubungan berbasis kemampuan manajemen dianggap; potensial
untuk infrastruktur kelembagaan dalam ekonomi transisi (Xin & Pearce,
1996). Kami memeriksa dua strategi seperti: aliansi strategis untuk
pengembangan produk dan jaringan politik.
Perusahaan teknologi baru sering masuk ke dalam perjanjian
kerjasama seperti lisensi, perjanjian R & D, dan perusahaan patungan dengan
perusahaan lain untuk mengembangkan dan memasarkan produk baru (Bucklin &
Sen gupta. 1993; Dowling & McGee, 1994; Shan, 1990). Perjanjian ini, yang kami
sebut sebagai aliansi strategis untuk pengembangan produk, sering digunakan
oleh perusahaan teknologi baru dalam ekonomi transisi untuk melengkapi upaya inovasi
produk internal. Namun, aliansi tersebut sering kali sulit untuk dikelola karena
kesalahpahaman kontrak dan budaya, dan mereka dapat menyimpangkan, sumberdaya langka
dan perhatian manajerial dari strategi inti perusahaan (Peng & Heath,
1996). Meskipun potensi masalah, aliansi kerjasama ini telah terbukti mengarah
ke inovasi produk yang sukses (Kotabe & Swan, 1995), dikarenakan aliansi
membantu perusahaan teknologi baru untuk mendapatkan sumber daya untuk
meningkatkan kemampuan teknis dan pemasaran dan juga memberikan manfaat
reputasi bagi pemasaran produk baru mereka (McGee, Dowling, & Meggins,
1995; Shan, 1990).
Politik jaringan mengacu pada sumber daya sebuah perusahaan yang
dialokasikan untuk memupuk hubungan dengan pejabat pemerintah, bank, dan badan
pengatur administrasi dan lainnya (Kotler, 1986; McKee, Vara-darajan, &
Pride, 1989; Tsang, 1996). Perhatikan bahwa konstruk ini berbeda dari dukungan
institusional, yang merupakan konstruk berbasis lingkungan daripada berbasis
hubungan. Seperti telah dibahas sebelumnya, dukungan kelembagaan mencerminkan
tingkat dukungan dari lembaga-lembaga pemerintah yang dirasakan oleh manajer
perusahaan perkembangan teknologi baru. Jaringan politik merupakan konsep yang
mirip dengan guanxi (penggunaan koneksi politik pribadi dan pertukaran
keuntungan) dan dipandang sebagai pengganti potensial untuk lemahnya infrastruktur
kelembagaan di Cina (Xin & Pearce. 1996). Sebagai contoh, mengingat
pengaturan kelembagaan yang lemah di Cina, budidaya koneksi politik menjadi
cara yang efektif bagi perusahaan teknologi baru untuk mendapatkan sumber daya
dan pengaruh untuk mendukung inisiatif baru (Peng & Heath, 1996; Xin &
Pearce, 1996). McKee, Varadarajan, dan Pride (1989) menemukan bahwa perusahaan
mencapai hasil yang lebih baik dari upaya inovasi produk daripada perusahaan lainnya
karena perushan yang lebih prospek ternyata lebih menekankan terlibat dalam
kegiatan politik untuk mendukung usaha-usahanya. Diskusi ini mengarah pada
hipotesis berikut:
Hipotesis 2a. Hubungan antara penggunaan strategi inovasi
produk dan kinerja perusahaan teknologi baru di Cina positif dimoderasi oleh
aliansi strategis untuk pengembangan produk.
Hipotesis 2b. Hubungan antara penggunaan strategi inovasi
produk dan kinerja perusahaan teknologi baru di Cina dimoderasi positif oleh jaringan
kerja -politik.
METODE
Sampel dan Pengumpulan Data
Kami memilih 300 perusahaan teknologi baru dari sampel 500
perusahaan di Zona experimental Beijing (BEZ), salah satu zona teknologi
industri tinggi yang paling maju di negara itu. Peusahan itu, dipilih atas
dasar kesediaan mereka untuk berpartisipasi dalam penelitian ini, mencakup
berbagai teknologi tinggi industri di BEZ. Mereka memenuhi tiga kriteria yang
digunakan untuk mendefinisikan perusahaan teknologi baru di China: bahwa
manajemen perusahaan terdiri dari insinyur atau ilmuwan, bahwa 30 persen atau
lebih dari karyawan menjadi karyawan teknis, dan itu menghabiskan 3 persen atau
lebih dari total penjualan pada R & D. Konsisten dengan definisi yang
diterima perusahaan baru, semua perusahaan sampel berusia delapan tahun atau
lebih muda (misalnya, McDougall, Covin, Robinson, & Herron, 1994).
Metode konvensional penerjemahan balik digunakan untuk
menerjemahkan ukuran-ukuran dari bahasa Inggris ke bahasa Mandarin. Kami meemperbaiki
ukuran-ukuran itu melalui wawancara mendalam dengan 8 pendiri dan 15 manajer
senior dari sepuluh perusahaan teknologi baru untuk memastikan relevansinya
dengan konteks Cina. Kami mengumpulkan data melalui wawancara di tempat,
Prosedur ini memungkinkan kami untuk menilai kesesuaian responden dengan penelitian.
juga ditawarkan kepada responden kesempatan untuk meminta klarifikasi tentang
studi masalah. Kami meminimalkan bias yang terkait dengan proses pengumpulan
data retrospektif mengikuti saran Miller, Kardinal, dan klik (1997). Kami
mewawancarai manajer puncak yang terlibat langsung dalam pengambilan keputusan
strategis perusahaan. Kami membatasi kerangka waktu mengingat sampai tiga tahun
dan meyakinkan kerahasiaan kepada semua responden. Akhirnya, kami menawarkan
untuk menyediakan ringkasan dari hasil studi untuk setiap responden.
Kami menerima 202 kuesioner, yang 18 dianggap tidak dapat
digunakan karena data yang hlang. Jadi, tingkat respon yang efektif adalah 36,8
persen (184/500). Kami menerima 54,4 persen dari respon CEO dan sisanya dari
manajer R & D / teknik atau pemasaran. Distribusi respondent atas kelompok
ini hampir sama untuk semua tapi dua variabel penelitian, sehingga kami
mengumpulkan data untuk analisa lebih lanjut. Pada skala 9-point, level
rata-rata pengetahuan informan 'dan sejauh mana keterlibatan mereka dalam
inovasi produk dalam perusahaan teknologi baru ialah masing-masing 7.18 dan
7,09. Pengalaman rata-rata informan 'di industri itu ialah 7,8 tahun. Data ini
menunjukkan bahwa informan kami mengetahui tentang isu-isu yang diteliti.
Dari perusahaan yang memberikan respon mengenai teknologi
baru, 50,5 persen ilah berupa industri informasi elektronik (Teknologi
informasi, telekomunikasi, electronics, manufaktur komputer, dan peripheral
komputer); 17 persen dalam produk optik-mekanik dan listrik terpadu; 12,6
persen dalam energi baru dan bahan baru; 10,4 persen farmasi baru dan
bioteknologi, dan 9,3 persen industri "lainnya," seperti instrumen
ilmiah. Persentase ini konsisten dengan BEZ Office (1995), yang menunjukkan
distribusi industri masing-masing 47,9 persen, 20,1 persen, 13,1 persen, 9,3
persen, dan 9,6 persen. Kami melihat konsistensi ini sebagai bukti bahwa sampel
kami merupakan perwakilan dari perusahaan teknologi baru di Zona Eksperimental
Beijing. Berarti beban R & D sebagai persentase dari penjualan adalah 20
persen. Secara rata-rata, 39 persen dari total karyawan inti ialah insinyur
atau ilmuwan. Enam puluh enam persen dari perusahaan teknologi baru merupakaan
perusahaan mandiri, dan sisanya adalah perusahaan korporat. Akhirnya, kami
tidak menemukan bias non respon yang signifikan berdasarkan ukuran atau usia
perusahaan teknologi baru.
Tindakan dan Validasi
Lampiran ini menyajikan langkah-langkah dan sumber-sumber
mereka. Seperti ditunjukkan, kami menciptakan beberapa langkah-langkah baru
untuk penelitian ini. Ukuran dari tiga konstruk- strategi inovasi produk,
turbulensi lingkungan, dan aliansi strategis untuk pengembangan produk-semua diadaptasi
dari literatur yang ada. Adaptasi dilakukan dengan perubahan kata dan kalimat
untuk meningkatkan Pemahaman dalam konteks Cina. " Perhatikan bahwa
teknologi kinerja perusahaan baru terdiri dari lima langkah dan empat pasar
keuangan kinerja, yang kami digabungkan menjadi sebuah variabel tunggal karena
mereka sangat berkorelasi (r = 0,66, p <.001).
Masalah varians metode diakibatkan dari pengumpulan variabel-variabel
dependen dan independen dari responden yang sama dalam survei yang sama. Kami menguji
masalah potensial ini dengan uji Harman satu- faktor (Podsakoff & Organ,
1986). Sebuah analisis faktor dari variabel dependen dan independen
menghasilkan tujuh faktor yang mencapai 60 persen dari varians, dan faktor 1
menyumbang 21 persen dari varians. Karena faktor tunggal tidak muncul dan ada
satu faktor umum tidak dimasukkan ke dalam varians, maka metode varians yang
umum dianggap tidak menjadi masalah serius dalam data.
Kami memeriksa sifat unidimensionalitas dan validitas
konvergen dari konstruk tersebut dengan analisis faktor konfirmatori. Mengingat
batasan ukuran sampel, kami membagi menjadi dua submodels konstruksi kelompok
terkait secara teoritis: variabel lingkungan dan variabel strategi (lih.
Bentler & Chou, 1987), indeks kesesuaiaan ( fit indexes) menunjukkan bahwa
model sesuai dengan data (variabel lingkungan: x `= 115,29, p.00; GFI - 0,92,
RMSEA = 0,06, NNFI = 0,95, CFI = 0,96; variabel strategi: x2 = 44,25, p -.05;
GFI = 0,95, RMSEA =.05, NNFI = 0,94, CFI = 0,96).1 Semua item diberi bobot
berdasarkan konstruk masing-masing, dan masing-masing pembobotan cukup besar
dan signifikan pada tingkat 0,01. Seperti ditunjukkan dalam Lampiran, konstruk
tersebut memiliki keandalan yang tinggi, dengan terkecuali satu hal, yaitu ada
yang memiliki Alpha lebih dari 0,70.
Untuk menilai validitas diskriminan dari kontruk tersebut,
sebuah model di mana korelasi antara pasangan konstruk tersebut bermasalash dibandingkan
dengan model tanpa kendala. Untuk memenuhi kriteria validitas diskriminan, keseusiaan
model tak terkendala harus secara signifikan lebih baik daripada model yang
terkendala. Uji berpasangan antar konstruk menunjukkan bahwa dalam setiap kasus
perbedaan chi-square cukup signifikan pada tingkat 0,01, yang memberikan bukti
validitas diskriminan. Sebagai contoh, perbandingan yang melibatkan strategi
produk inovasi dan aliansi strategis untuk pengembangan produk menghasilkan
179,02 (p <.01;). Tabel 1 menyajikan matriks korelasi, statistik deskriptif,
dan reliabilitas konstruk.
ANALISIS DAN HASIL
Kami menggunakan analisis regresi hirarkis moderasi untuk
menguji hipotesis kontingensi. Sebelum penciptaan istilah interaksi, baik
variabel independen dan moderasi dipusatkan ke rerata untuk mengurangi potensi
masalah multikolinieritas (Aiken & West, 1991). Pemeriksaan faktor varians
inflasi (VIFs) terkait dengan masing-masing koefisien regresi menunjukkan kisaran
1,01-1,65, membuktikan tidak ada masalah serius dengan multikolinieritas. Empat
variabel kontrol dimasukkan: ukuran perusahaan teknologi baru (logaritma
natural jumlah karyawan kerja penuh), asal (kode dummy: "independen"
= (1, "perusahaan" = 1), usia (dalam tahun), dan bentuk kepemilikan
("negara atau kolektif yang dimiliki "= 0." patungan / swasta
"= 1) Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa faktor-faktor ini
dapat mempengaruhi penciptaan strategi dan kineraj perusahaan teknologi baru (Chandler
& Hanks, 1994:.. McCann, 1991) Tabel 2 menyajikan hasil kami.
TABEL 1
Korelasi Matrix dan Ringkasan Statistik
Seperti ditunjukkan pada Tabel 2 (Model 1), strategi produk
inovasi memiliki hubungan positif dengan kinerja perusahaan teknologi baru =
0,34, p <1.001). Penambahan istilah interaksi (model 2) peningkatan
koefisien korelasi berganda kuadrat (R2) sebesar 9 persen, dibandingkan dengan
model 1, menunjukkan adanya efek moderat. Hipotesis 1a, menyatakan bahwa
hubungan antara strategi inovasi produk dan kinerja teknologi perusahaan baru
yang akan negatif ketika kompetisi disfungsional adalah tinggi, hal itu ternyata
tidak didukung. Hipotesis 1b ini didukung, dikarenakan interaksi antara
strategi inovasi produk dan dukungan kelembagaan ternyata signifikan dan
berhubungan positif dengan kinerja perusahaan teknologi baru (b 0,22, p
<.01; AH2 =.05, p <.01). Demikian pula, Hipotesis 1c ini didukung,
sebagai interaksi antara strategi produksi inovasi dan turbulensi lingkungan
adalah positif dan signifikan terkait dengan teknologi kinerja perusahaan baru
(i) = 0,16, p <.05; AR2 = 0,02, p <.05). Hipotesis 2a, berurusan dengan
efek kontingen aliansi strategis untuk pengembangan produk, dan hasilnya
ternyata membantahnya (1) = -0,17, p <.01; R =.03, p <.05). Akhirnya,
Hipotesis2b, menerangkan efek moderat positif dari jaringan politik, dan tidak
didukung. Untuk memeprmudah interpretasi, kami merencanakan efek moderat,
seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1a, 1b, dan 1c. gambar 1a dan 1b
menunjukkan bahwa ketika dukungan kelembagaan dan turbulensi lingkungan menjadi
lebih tinggi, strategi produk inovasi memiliki hubungan yang kuat positif
dengan kinerja perusahaan teknologi baru, sehingga mendukung Hipotesis 1b dan 1c.
Gambar 1c, bagaimanapun, menunjukkan bahwa, bertentangan dengan Hipotesis 2a,
inovasi produk memiliki hubungan yang kuat dan negatif dengan kinerja
perusahaan teknologi baru ketika aliansi strategis untuk pengembangan produk menjadi
lebih sering.
Kami mencatat sifat subjektif dari tindakan kami sebelumnya
dan membahas masalah metode potensial umum. Kami berhasil memperoleh penjualan
rata-rata tiga tahun dan data pertumbuhan pangsa pasar dari sampel yang
terbatas (dalam kisaran 47-62). Kami menguji model kami lagi, menggantikan
variabel dependen subjektif, teknologi kinerja perusahaan baru, dengan
masing-masing ukuran kinerja yang lebih obyektif. Meskipun hasil analisis ini
dibatasi oleh sampel kecil yang digunakan, dan karena itu mereka harus
diperlakukan dengan hati-hati, kami perhatikan, bahwa hasilnya sejajar yang
dilaporkan di atas(Hasil tambahan tersedia atas permintaan).
TABEL 2
Hasil Analisis Regresi
PEMBAHASAN DAN IMPLIKASI
Penelitian ini menguji hubungan antara strategi kontingen
inovasi produk dan teknologi kinerja perusahaan baru di China. Hasil kami
menunjukkan bahwa dukungan kelembagaan dan turbulensi lingkungan meningkatkan
efektivitas strategi inovasi perusahaan produk ini. Tampaknya, mengingat
infrastruktur kelembagaan yang lemah dalam ekonomi transisi Cina dan sumber
daya yang terbatas, dukungan dari lembaga pemerintah berperan penting dalam
meningkatkan efektivitas strategi inovasi produk perusahaan teknologi baru.
Konsisten dengan penelitian yang ada pada perusahaan kecil di Barat (misalnya,
Covin & Slevin, 1989), hasil kami juga menunjukkan perusahaan ini lebih
mungkin berhasil dengan strategi inovasi produk dalam lingkungan yang bergolak.
Temuan tak terduga dari penelitian ini berhubungan dengan
peran strategi berbasis hubungan di perusahaan teknologi inovasi produk,
Bertentangan dengan argumen teoritis yang dibuat oleh Peng dan Heath (1996) dan
temuan empiris di Barat (misalnya, Dowling & McGee, 1994: shan, 1990),
hasil kami menunjukkan bahwa hubungan berbasis strategi tidak meningkatkan
efektivitas strategi inovasi produk perusahaan teknologi baru. Pertama,
jaringan politik tampaknya tidak memiliki peran. Hal ini dikarenakan bahwa
biaya transaksi untuk membangun hubungan politik dapat melemahkan manfaat untuk
perusahaan teknologi baru. Misalnya, pengusaha swasta di China memberikan saham
gratis dan hiburan mewah untuk pejabat pemerintah daerah dalam rangka membangun
hubungan pribadi. Kegiatan tersebut dapat menguras keuangan perusahaan serta
menghambat manajemen yang efisien mereka (Tsang, 1996). Sejalan dengan argumen
ini, Guthrie berkomentar tentang pentingnya ekonomi guanxi di Cina dan
realisasi meningkat dimana "guanxi hanya membantu jika Anda
kompetitif" (1998: 281). Temuan kami, ditambah dengan komentar ini, muncul
untuk menantang pernyataan bahwa jaringan politik meruopakan strategi untuk meningkatkan
kinerja dan dapat menggantikan infrastruktur kelembagaan yanglemah dalam
ekonomi transisi (Nee, 1992; Peng & Heath, 1996; Xin & Pearce, 1996).
Temuan mengejutkan kedua adalah bahwa aliansi strategis
untuk pengembangan produk malahan dapat menghambat efek positif dari strategi
inovasi produk terhadap kinerja perusahaan teknologi baru '. penjelasannya
ialah perusahaan teknologi baru di Cina mungkin memiliki masalah manajerial dalam
memanfaatkan keuntungan aliansi tersebut, dan mungkin karena kurangnya
pengalaman. Seperti McGee, Dowling, dan Megginson (1995) menemukan,
keberhasilan aliansi strategis tersebut dalam perusahaan teknologi baru mungkin
ditentukan oleh pengalaman tim manajemen mereka. i juga kemungkinan bahwa
kesulitan dalam hubungan antara mitra aliansi dan perusahaan teknologi baru
dapat mengalihkan sumber daya manajerial dan perhatian dari strategi inovasi
produk inti.
Hasil ini penting bagi para peneliti perusahaan teknologi
baru dan manajer dalam dua hal. Pertama, mereka menunjukkan bahwa penelitian
masa depan untuk menjaga efektivitas penggunaan strategi inovasi produk
perusahaan teknologi baru dalam ekonomi transisi perlu memperluas lingkupnya
untuk mengatasi situasi lingkungan yang kompleks dan beragam serta strategi
hubungan extraorganizational perusahaan. Kedua, hasil menunjukkan bahwa
keberhasilan pengelolaan strategi inovasi produk dalam perusahaan teknologi
baru di lingkungan transisi mungkin memerlukan penilaian hati-hati dari efek potensial
yang merugikan dari lingkungan dan strategi perusahaan. Tidak seperti
perusahaan peneliti teknologi baru di Barat, yang tidak meneliti efek kontingen
faktor lingkungan dan strategi secara bersamaan, kami menemukan bahwa aliansi
strategis untuk pengembangan produk cenderung menghambat efektivitas strategi
inovasi produk. Temuan ini bertentangan dengan mereka yang mendukung kelembagaan
dan turbulensi lingkungan.
Hasil ini harus ditafsirkan dalam keterbatasan penelitian.
Prosedur pengambilan sampel non-acak membatasi generalisasi temuan-temuan kami.
Oleh karena itu, replikasi dan perluasan studi ini di daerah lain di Cina dan
di negara-negara transisi lain mungkin memberikan dasar untuk validasi
eksternal dari kerangka yang diuji disini.
Jumlah varians relatif rendah dalam kinerja menjelaskan
bahwa faktor lain yang mempengaruhi teknologi kinerja perusahaan baru di China
layak mendapat perhatian. Salah satu bidang penelitian yang mungkin akan mempengaruhi
ialah karakteristik tim pendiri atau manajemen puncak (Boeker, 1989; Eisenhardt
& Schoonhoven, 1990). Bidang lain yang mungkin dari penelitian ini ialah kami
tidak mengendalikan baik latar belakang mitra aliansi strategis atau jenis
aliansi. Aliansi perushaan teknologi baru mungkin melibatkan baik perusahaan
domestik maupun asing dan berbagai jenis perjanjian, seperti kontrak R & D,
penciptaaan produk baru di bawah lisensi, dan kerjasama joint ventures.
Tergantung pada strategi aliansi tertentu yangdigunakaan dan lokus pasar, isu
strategis dan lingkungan yang dihadapi perusahaan teknologi baru bisa berubah secara
drastis, dan variabel-variabel tersebut harus diperiksa ulang alam penelitian
akan datang.
Meskipun kami menghadapi empat item dari penelitian
sebelumnya (misalnya, Miller, 1987) untuk mengukur turbulensi lingkungan, kami
mempertahankan hanya dua item, yang menghasilkan alfa.50. Dalam hal ini,
mengingat keandalan yang sangat rendah dari konstruk turbulensi lingkungan dalam
penelitian ini, penelitian masa depan perlu memeriksa dimensi, yang meliputi
permusuhan, dinamisme, dan heterogenitas (Covin & Slevin, 1989: Lawrence
& Lorsch, 1967). Selain itu, studi ini akan mendapatkan keuntungan dari
jeda waktu antara pengukuran strategi inovasi produk dan kinerja, khususnya
dalam metode responden tunggal dan masalah metode potensial umum. Hasil dari
sampel ikut memperkuat kesimpulan kami. Namun, kami mengingatkan bahwa
menyimpulkan kausalitas dalam hubungan ditemukan di sini mungkin terlalu dini.
Kenny (1979) berpendapat bahwa studi hubungan cross-sectional yang cermat harus
mendahului studi time-lagged yang mahal untuk membangun hubungan kausal. Kami
menyarankan bahwa hasil kami bisa berfungsi sebagai landasan untuk suatu studi berikutnya.
Sebagai kesimpulan, kami mencatat bahwa penelitian ini
berusaha menyeldiki inovasi produk perusahaan teknologi baru, dalam konteks
perubahan yang cepat dan konstan. Hasil kami memberikan wawasan terhadasp faktor
istimewa di Cina yang dapat mempengaruhi efektivitas penggunaan strategi
inovasi produk perusahaan teknologi baru. Namun, karena faktor budaya, politik,
dan ekonomi yang mempengaruhi strategi perusahaan ini dan jalinan kegiatan,
pertanyaannya apakah temuan kami berlaku hanya untuk konteks Cina atau berlaku
untuk ekonomi transisi lain (seperti di Eropa Timur). Kami berharap studi ini
berfungsi sebagai fondasi bagi upaya untuk mempertajam pemahaman tentang
hubungan inovasi produk - kinerja dalam perusahaan teknologi baru.
REFERENSI
LAMPIRAN
Studi Tindakan
Kinerja NTV "(Sumber:. McDougall et al, 1994)
a =.88
Sehubungan dengan pesaing utama Anda, hitung kinerja
perusahaan Anda selama tiga tahun terakhir pada: pgnembalian modal, laba atas
penjualan, pertumbuhan laba, return on asset, efisiensi keseluruhan operasi,
pertumbuhan penjualan, pertumbuhan pasar saham, arus kas dari pasar operasi,
dan perusahaan secara keseluruhan reputasi. Semua diukur pada skala lima poin:
1, "lebih buruk"; 5, "lebih baik."
Strategi Inovasi Produk "(Sumber: Covin & Slevin,
1989; Zahra & Covin, 1993).83
Hitung perusahaan Anda disbanding pesaing selama tiga tahun
terakhir pada sejauh mana perusahaan anda telah :
Menekankan pada pengembangan produk baru melalui alokasi
sumber daya keuangan yang cukup besar mengebangkan berbagai macam lini produk
baru meningkatnya peringkat pengenalan produk baru ke pasar.
Meningkatnya komitmen secara keseluruhan untuk mengembangkan
dan memasarkan produk baru
Kompetisi disfungsional (item baru berdasarkan wawancara) =,
71
Tunjukkan sejauh mana industri utama anda telah mengalami
hal berikut ini dalam 3 tahun terakhir:
Melanggar hukum praktek persaingan sehat seperti pembajakan produk
baru
Pemalsuan produk perusahaan Anda sendiri dan tanda dagang oleh
perusahaan lain
Hukum persaingan pasar tidak efektif untuk melindungi
kekayaan intelektual perusahaan Anda
meningkatnya praktek persaingan tak sehat dan tak adil oleh
perusahaan-perusahaan lain dalam industri
Dukungan Kelembagaan (item baru berdasarkan laporan dari
Kantor Zona Eksperimental Beijing, 1995) b.71
Harap tunjukkan sejauh mana dalam tiga tahun terakhir
pemerintah dan agen-agennya:
Menerapkan kebijakan dan program yang bermanfaat bagi operasi
perusahaan Anda
Menyediakan informasi teknologi yang dibutuhkan dan dukungan
teknis untuk perusahaan Anda
berperan penting dalam menyediakan dukungan keuangan untuk
perusahaan Anda
Membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan izin impor
teknologi, manufaktur dan peralatan lainnya
Turbulensi Lingkungan (Sumber: Miller, 1987) -.50
Beri peringkat sejauh mana masing-masing pernyataan
menggambarkan lingkungan perusahaan Anda selama 3 tahun terakhir:
Tindakan pesaing lokal dan asing sangat tak terduga
Permintaan pasar dan selera konsumen sangat tak terduga
b Diukur pada skala lima poin:; 1, "tak berpengaruh";
5, "berpengaruh sekali."
Diukur pada skala lima poin: 1, "sangat tidak setuju",
5, "sangat setuju."
Aliansi Strategis untuk Pengembangan Produk `(Sumber:
Bucklin & Sengupta, 1993) -. 86
sejauh mana pernyataan-pernyataan ini menggambarkan Anda
selama 3 tahun terakhir relatif terhadap pesaing Anda?
Mengadakan perjanjian kerjasama dengan perusahaan lain
dalam merancang dan memproduksi produk baru berkolaborasi
dengan perusahaan lain untuk memasarkan produk baru Bergabung dengan perusahaan
lain untuk memperkenalkan produk baru dipromosikan secara bersama mendistribusikan
memberikan layanan dukungan untuk produk baru dengan perusahaan lain
Didirikan koperasi perjanjian dengan perusahaan lain dan
lembaga untuk R & D
Politik ategy item Jaringan Baru, berdasarkan Xin &
Pearce, 1996) -86
Harap menunjukkan sejauh mana manajemen puncak perusahaan
Anda selama tiga tahun terakhir telah:
Menghabiskan banyak perusahaan dalam menumbuhkan hubungan
pribadi dengan pejabat pemerintah dan agen-agennya menjaga hubungan baik dengan
pejabat negara dan instansi keuangan pemerintah lainnya
Memberikan ke sumber daya substansial untuk mempertahankan hubugan
baik dengan pejabat lembaga administratif
Menghabiskan banyak uang untuk membangun hubungan pejabat
pemerintah
Haiyang Li (huiyanggLri.adu.hk) adalah asisten profesor
manajemen inovasi dan teknologi di Departemen Manajemen, Lowry Mays College dan
Pascasarjana bisnis, Texas A & M University. Sebelum bergabung dengan
fakultas A & M Texas, dia mengajar di fakultas Universitas Lingnan di Hong
Kong. Dia menerima gelar Ph.D. dalam inovasi dan manajemen strategis dari City
University of Hong Kong. Peminatannya saat ini termasuk inovasi produk,
pemasaran dan kewirausahaan, dan strategi bisnis perusahaan teknologi baru
dalam ekonomi transisi.
Kwaku Atuahene-Gima (mgkwaku@cityu.edu.hk) adalah seorang
profesor manajemen inovasi dan pemasaran dan mantan ketua Departemen Manajemen,
City University of Hong Kong. Ia menerima Ph.D, dalam manajemen inovasi dan
pemasaran dari University of VVollongong, Australia. Minat penelitiannya
meliputi pengembangan produk baru, strategi pemasaran dan inovasi manajemen
dalam perusahaan teknologi kewirausahaan di negara berkembang, dan antarmuka
antara orientasi pasar, inovasi, dan kewirausahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar